Kebijakan Pembangunan Desa

31 Januari 2017 19:20:23 WIB

Dari serangkaian rumusan Visi, Misi, dan bidang strategi yang telah ditetapkan maka diperlukan rangkaian program yang berguna sebagai pelaksanaan konkrit dari segenap harapan dan cita cita bersama. Pembangunan di desa Widoro diprioritaskan pada bidang fisik sarana prasarana dan ekonomi kemasyarakatan. Program-program secara substansial dikelompokkan sebagai berikut:

  1. BIDANG PEMERINTAHAN

Pemerintahan Desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan nasional, dimana permasalahan dimulai dari desa. Untuk itulah Pemerintahan desa harus jujur, profesional, amanah, ramah dan berwibawa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta cepat dan tegas dalam mengambil keputusan.

Untuk menciptakan pemerintahan yang baik seperti diatas, perlu dilakukan beberapa hal, antara lain   ;

  1. Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa

Aparatur pemerintahan desa WIDORO perlu dioptimalkan kinerjanya agar masing-masing bidang dapat berfungsi dengan baik dan melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas. Dengan demikian diharapkan Aparatur Desa akan mendapat kepercayaan dari masyarakat. 

  1. Transparansi Informasi Keuangan kepada Masyarakat

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepala desa dan aparatur desa, segala keuangan yang dikelola oleh Pemerintah Desa harus disampaikan kepada masyarakat secara transparan dan terbuka. Transparansi keuangan yang dimaksud adalah dimana masyarakat harus mengetahui sumber-sumber keuangan yang di dapat dengan pengalokasiannya minimal satu kali dalam setahun atas musyawarah masyarakat desa, serta membuat laporan kepada BPD. 

  1. Peningkatan Sinergisitas kinerja dengan BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang anggotanya merupakan tokoh / wakil masyarakat dan sebagai mitra sejajar Kepala Desa serta penampung aspirasi masyarakat harus selalu diajak musyawarah terutama menyangkut masalah-masalah strategis terhadap pembangunan di desa. Selain itu BPD juga diminta pendapat sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

  1. Peningkatan Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat yang cepat dan memuaskan

Pelayanan terhadap masyarakat perlu ditingkatkan sehingga masyarakat dengan mudah mendapat pelayanan sesuai dengan kebutuhan, dengan tidak menakut nakuti, mengintimidasi serta tidak membeda bedakan status dalam masyarakat.

Sepanjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku.

 

  1. BIDANG PEMBANGUNAN

Pembangunan pada hakikatnya adalah mengadakan perubahan terhadap sesuatu dari yang tidak/kurang baik, menjadi lebih baik, dari yang tidak bermanfaat menjadi lebih bermanfaat, dan dari yang rusak menjadi lebih bagus.

Untuk itu perlu peningkatan peran serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja Pemerintah Desa.

 Prioritas utama yang harus dilakukan oleh kepala desa dalam pembangunan desa adalah ;

  1. Pembangunan akhlak

Pembangunan akhlak diarahkan untuk menjadikan manusia yang berakhlakul karimah. meningkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat yang agamis dan harmonis yang meliputi  :

  1. Peningkatan kualitas sarana, prasarana dan operasional lembaga pendidikan keagamaan;
  2. Peningkatan Kualitas iman dan Taqwa masyarakat melalui kegiatan pengajian, majelis Taklim dan lain lain;
  3. Peningkatan peran serta lembaga kemasyarakatan (PKK, Karang Taruna, LPMD, RT, RW dll) dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa;
  4. Peningkatan peran serta masyarakat dalam pemerintahan melalui Musyawarah Desa;
  5. Pengembangan Budaya masyarakat berdasarkan nilai nilai kearifan lokal;

 

  1. Pembangunan fisik
  2. Pembangunan sarana transportasi

Pembangunan sarana transportasi diarahkan untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat yaitu dengan perkerasan jalan pokok dan jalan lintas persawahan.

  1. Pembangunan sarana pendidikan non formal

Memberikan kepedulian yang lebih bagi para guru TPA dan TPQ

  1. Pembangunan bidang olahraga

Memberikan pembinaan keolahragaan di desa dengan cara memberikan aset atau biaya untuk bisa dikelola oleh Karang Taruna desa, sehingga pengembangan potensi pada masing masing cabang olahraga dapat berjalan secara optimal.

 

  1. BIDANG PERTANIAN

Sebagian besar penduduk desa WIDORO adalah hidup dari hasil pertanian, sehingga perlu perhatian khusus terhadap apa yang menjadi kendala para petani di desa, seperti sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, sulitnya mendapatkan air di musim kemarau dan lain lain. Dengan demikian desa akan hadir memberikan solusi, sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani desa.

Membangun perekonomian masyarakat dengan menggerakkan potensi desa dan didukung dengan infrastruktur yang memadai. Meliputi

  1. Pembentukan BUMDes berdasarkan potensi yang adan di desa;
  2. Peningkatan fasilitas bagi petani dan kelompok tani untuk mendapatkan akses terhadap sarana pertanian yang mudah;
  3. Peningkatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur perdesaan;
  1. BIDANG SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Meningkatkan Kualitas Hidup masyarakat melalui  :

  1. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat melalui layanan POLINDES, Posyandu Balita dan Lansia, yaitu dengan mengadakan Pemeriksaan kesehatan masyarakat, pelayanan pemeriksaan ibu hamil dan lain lain.
  2. Peningkatan Kualitas dan fasilitas pelayanan Pendidikan Usia Dini bagi masyarakat;
  3. Fasilitasi pelayanan Pendidikan dasar dan lanjutan;
  4. Bantuan pendidikan dan layanan kesehatan bagi warga miskin dan tidak mampu;
  5. Bantuan kebutuhan hidup dan perumahan bagi warga miskin.

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi DESA WIDORO

tampilkan dalam peta lebih besar